Road to OASEKSPLORASI 2017: #1 – OUTPUT PERJALANAN

Wah, kayaknya blog OFEST 2017 bakal terselip dikit/beberapa sama blog lain.

Sebelum melanjutkan cerita OFEST 2017, aku ingin membuat laporan outpuku untuk #OASEKSPLORASI2017. Tapi sebelumnya, aku ingin cerita sedikit tentang OASEKSPLORASI. Dikit kok… dikit 🙂


Tahun ini, kami akan pergi mengunjungi Pantai atau Pulau, tapi belum tahu ingin ke pantai atau pulau mana. Padahal sudah membuat acara OFEST, tapi belum tahu tempat tujuannya.

Jangan-jangan gak jadi 😜😜😜

Alasannya adalah, tahun ini bakalan berbeda dari tahun lalu. Jika tahun lalu kami mencari dana perjalanannya sebagian, tahun ini kami akan mencari dananya full, 100% dari kami. Begitu juga dengan lokasi yang dituju, kami yang menentukan bakalan ke pulau/pantai mana.

Kami akan berangkat kira-kira bulan November, jadi setelah OFEST ini kami langsung diskusi tentang perjalanan kami 😃

Sebelum perjalanan dimulai, para Penggalang (OASEKSPLORER) mendapatkan tugas dari kakak-kakak mentor, yaitu membuat Output. Output adalah hasil dari kerja atau hal apapun yang akan dijadikan sesuatu, seperti Novel, Buku, Gambar, dll (menurutku).

Walaupun belum ke pulau atau pantai. Beberapa dari kami sudah ada gambaran ingin menghasilkan apa saat di sana. Aku adalah salah satunya. Memang apa sih yang akan kuhasilkan di sana?

OUTPUT

  • Design/Sketch/sejenisnya.
  • Jurnal Blog.

Bentuk Output

– Design/Sketch/sejenisnya

Untuk Design/Sketch/sejenisnya, aku membuat 4 cabang.

  • Komik.
  • Infografis.
  • Illustrasi WPAP/Vector/Digital Painting.
  • Sketch.

1. Komik akan kubuat di lokasi untuk sketchnya, penyempurnaan (seperti karakter, pewarnaan, dll) akan dilakukan setelah kegiatan eksplorasi. Konten komik tersebut adalah:

  • Tentang desain rumah disuatu pantai/pulau.
  • Sejarah pulau/pantai.
  • Perjalanan OASEKSPLORASI 2017.

2. Infografis aku hanya membutuhkan informasi. Kontennya pun berisi tentang warga yang rumahnya menjadi tempat tinggalku.

3. WPAP/VECTOR/DIGITAL PAINTING akan kubuat setelah perjalanan eksplorasi. Saat di lokasi aku perlu memotret sebanyak mungkin beserta informasi tempat/orangnya yang kuporet. Hasil potret akan kujadikan WPAP/Vector/Digital Painting. Konten berisi:

  • Pulaunya.
  • Makanan.
  • Adat/Budaya
  • Tempat unik.
  • Tempat ramai.
  • dll.
wp-image--1925705634
Contoh. WPAP by emrezky22 (devianart)

4. Sketch dilakukan di lokasi dan finish pada hari itu juga (kalau bisa 😆). Aku akan mencari tempat yang sepi, atau tempat yang luas, seperti pantai yang sepi dan hanya di isi beberapa orang. Di sana aku ingin belajar membuat sketch lingkungan langsung dan mempertajam teknik gambar perfektifku.

Outputku yang ini menurutku ini masih belum teratur, aku harus menentukan hari apa saja dikerjakannya.

– Jurnal Blog.

And yaaap, kisah perjalanan Oaseksplorasi 2017 akan kutulis di blogku, aku gak sabar pengen nulis blog eksplorasi lagi. Aku melihat blog eksplorasi tahun lalu dan tulisannya membuatku… ahh.. nostalgia banget, megingatkanku akan serunya eksplorasi. Yang kulakukan nanti di sana adalah membuat LogBook.

So, tunggu ya cerita eksplorasi kami 🙌🙌

OASEKSPLORASI2017 (2)
Mindmapku

*note: sebenernya outputku satu lagi adalah membuat permainan (boardgame) dari keseharian warga, namun sudah ada Yudhis dan menurutku aku tidak ada waktu yang cukup juga 😱

Advertisements

One thought on “Road to OASEKSPLORASI 2017: #1 – OUTPUT PERJALANAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s