PARADOX BGC – 2: BULAN PUASA TETAP MAIN BOARD GAME!

4 Juni 2017 adalah pertemuan kedua dari Paradox Board Game Club di Taman Baca Garasi. Pertemuan kali ini adalah pertemuan yang kutunggu-tunggu karena bakalan ada banyak game.

Game apa aja itu? Hmm… Aku bakal menjelaskan sedikit apa itu Paradox BGC 😀


PARADOX BOARD GAME CLUB.

Paradox Board Game Club? Yap, komunitas bernama Paradox ini kami buat bertemakan tempat bermain board game no gadget. Ada Kaysan, Yudhis, dan Zaky (Aku) yang berperan untuk membangun komunitas ini.

Untuk apa sih kita bertiga membuat komunitas ini?

Tujuan kami membuat komunitas board game ini adalah semua orang bisa datang dari berbagai umur dan bermain board game, khususnya anak-anak muda yang bisa bersenang-senang dengan seru dan aman walaupun tanpa gadget di Paradox ini :), dan pastinya kita ingin memperkenalkan ke mereka “Apa sih board game itu? “

Paradox BGC akan mengadakan pertemuan (PlayDay) 2 minggu sekali dimulai dari pukul 12 Siang hingga 5 Sore di Taman Baca Garasi, Buaran (Rumah Kaysan). Info lebih lanjut: PARADOX BGC

6Logo Paradox.

KEGIATAN.

Selain mainan baru dari Manikmaya, ada tambahan dari Kak Ervan, salah satu perserta yang ikut dalam kegiatan ini. Kegiatan diundur sampai tanggal 4 Juni karena ada beberapa halangan, jadi tidak pas 2 minggu setelah kegiatan perdana. Walaupun begitu, total keseluruhan peserta 12 orang, lumayan ramai di bulan puasa ini 😀

KERIS TANDING.

Sebelum waktunya pembukaan, kami menunggu teman-teman sambil mencoba beberapa game dari Manikmaya maupun Kak Ervan. Yudhis dan Kaysan mencoba bermain game baru dari Manikmaya yaitu Keris Tanding. Keris Tanding adalah sebuah permainan kartu battle 1 vs 1 (PvP) yang diambil dari komik Indonesia Pusaka Dewa buatan Sweta Kartika lalu diproduksi oleh Manikmaya.

Game ini cukup simple namun penuh strategi. Komponennya hanyalah kartu dan beberapa koin untuk penanda hasil dari serangan atau nyawa bertahan. Semakin pintar kamu memainkannya, semakin cepat kamu mengalahkan musuhmu.

Baca juga reviewnya: Dunia Yudhis – Keris Tanding: The Review

This slideshow requires JavaScript.

PATCHWORK.

Bukan hanya Yudhis dan Kaysan saja yang bermain, Tata dan Meutia juga bermain Patchwork yang dibawa oleh Kak ErvanPatchwork adalah permainan dua pemain (PvP) beradu untuk membuat ‘kain’ menggunakan ‘kancing’ yang berguna juga untuk poin di kotak 9×9.

Walaupun komponennya terlihat seperti puzzle, namun jangan remehkan permainan satu ini. Permainan ini penuh dengan strategi juga 😮

This slideshow requires JavaScript.

SABOTEUR.

Sudah memasuki jamnya untuk pembukaan, kami memulainya dengan perkenalan dan bermain game Saboteur.

Terdapat 2 team di dalam permainan ini, yaitu Miner si penambang emas dan Saboteur si penghalang Miner. Seluruh pemain akan berusaha mencapai ke tiga kartu yang salah satunya adalah emas, namun diantara kami ada yang berperan sebagai Saboteur. Sudah ditebak game ini termasuk game jenis Bluffing karena si Saboteur harus menghalangi Miner untuk mendapatkan emas yang dituju.

Sebenarnya pembukaan diawali dengan bermain Werewolf, namun karena kita ingin mencoba gamenya Kak Ervan yaitu Saboteur yang kebetulan juga Game Party, jadi bisa beramai-ramai untuk dimainkan, dan ternyata seru banget 😀

This slideshow requires JavaScript.

THE GREAT DINOSAUR RUSH.

Saboteur telah usai. Kami semua terbagi menjadi 2 kelompok, salah satu kelompok bermain The Great Dinosaur Rush atau TGDR. 5 Pemain akan menjadi seorang yang mengumpulkan tulang-tulang atau fosil dinosaurus dan berusaha membentuknya dari fosil yang ia dapatkan. Sepertinya permainan ini lebih main berpikir dari sebelumnya dan gak kalah seru 😮

This slideshow requires JavaScript.

THE FESTIVALS.

Nah, di kelompok lain juga bermain salah satu board game local dari Manikmaya Games, yaitu The Festivals. Game yang bertemakan festival-festival dari Sabang sampai Marauke ini mengharuskan para pemainnya untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyak dengan berkunjung ke salah satu pulau yang yang sedang mengadakan festival.

Para pemain butuh sedikit panduan dari Kak Ervan karena bingung cara memainkannya (efek dari kelaperan :p), dan ternyata game ini baru dilaunching 1 bulan yang lalu di Bandung oleh Manikmaya Games.

The Festivals juga bisa digunakan sebagai alat belajar tentang Indonesia karena mereka menyediakan berbagai gambar yang bisa dipelajari lebih lanjut. Contohnya adalah adiknya Yudhis, Duta yang membuat Lapbook tentang festival-festival yang dia pelajari dari permainan The Festival yang bisa dilihat di sini.

Baca juga reviewnya: The Festivals: The Review

This slideshow requires JavaScript.

 

Bhinneka & Mashup Monster

Di kelompok lain juga memainkan game buatan Manikmaya Games. Kedua card game ini salah satu game yang ringan dan cepat. Cocok banget untuk dimainkan bersama keluarga.

Bhineka adalah permainan kartu yang mengharuskan pemainnya menebak ataupun mengetahui asal pakaian, makanan, alat musik, dan rumah khas dari suku-suku di Indonesia. Dari yang kudengar, game ini bisa dimainkan dengan 4 mode.

Lalu Mashup Monster adalah permainan di mana kita berusaha mencari monster dengan jumlah bentuk yang ditentukan oleh dadu. Jika tidak ada monster yang memiliki jumlah yang tepat maka kita bisa menggabungkan dua monster untuk menjadi satu monster dengan jumlah bentuk yang diperlukan.

This slideshow requires JavaScript.

MANILA.

Hari semakin gelap, bedug untuk adzan magribpun sepertinya siap dipukul. Manila adalah salah satu permainan yang ditunggu-tunggu karena tampilan kotaknya yang besar seperti TGDR.

di permainan Manila ini, 5 pemain akan menjadi seorang pedagang dan berjualan di Manila dan berlomba-lomba mengumpulkan uang paling banyak, namun ada beberapa halangan, salah satunya bajak laut.

Game ini lumayan bermain otak dan berstrategis banget. Sayangnya kami tidak sempat memainkan full game ini karena sudah terlalu gelap dan beberapa teman sudah pulang. Walaupun begitu keseruan tetap berlanjut dengan Buka Bersama!

This slideshow requires JavaScript.

Terima kasih banyak kepada teman-teman yang telah datang ke acara Paradox Board Game Club kali ini. Sampai ketemu di pertemuan berikutnya! See you later!

pertemuan 2

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s